PT Bestprofit Futures Mayapada (PT Bestprofit Futures Mayapada) wrote in ipod,
PT Bestprofit Futures Mayapada
PT Bestprofit Futures Mayapada
ipod

3 Smartphone dengan Kamera Modular yang Menakjubkan

Smartphone dengan konsep modular mulai diminati sejumlah vendor teknologi, bahkan konsep ini ke depannya diprediksi akan menjadi tren.

Untuk diketahui, smartphone modular adalah perangkat yang komponennya dapat dibongkar-pasang. Beberapa body part-nya dapat diganti-ganti, misalnya adalah kamera atau baterai.

Nah, berikut ini adalah 3 (tiga) smartphone yang kameranya bisa dibongkar-pasang.

1. LG G5

LG G5 pertama kali diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada awal tahun ini. Smartphone ini mengusung bodi aluminium dengan fitur Magic Slot yang memungkinkan baterai mudah dibongkar.
Salah satu modul yang bisa disematkan pada LG G5 adalah LG CAM Plus. Aksesoris tambahan ini menawarkan kemampuan memotret yang ditingkatkan melalui grip lebih nyaman, mirip kamera digital.

LG CAM Plus membenamkan tombol power, shutter, perekaman, zoom, dan indikator LED. Ditambah kontrol fokus dan penguncian eksposur, fitur yang biasa ditemui pada kamera konvensional.
Modul kamera tersebut juga dilengkapi baterai 1.200 mAh untuk melengkapi baterai bawaan 2.800 mAh. Jika digabung, totalnya adalah kapasitas baterai 4.000 mAh untuk pengoperasian perangkat lebih lama.

Soal spesifikasi, smartphone dengan layar 5,3 inci ini sudah dibekali dengan chipset anyar Qualcomm, Snapdragon 820 dan didukung RAM 4GB.

Tak hanya itu, LG G5 juga dipersenjatai dua kamera belakang dengan resolusi dan fungsi berbeda, yakni 16MP dan 8MP. Sementara untuk kamera depan, LG G5 berukuran 8MP.

2. Moto Z

Moto Z diperkenalkan Lenovo di ajang IFA 2016 di Berlin pada awal September 2016. Moto Z memiliki tiga tipe yaitu Moto Z, Moto Z Play, dan Moto Z Force (hanya di Amerika Serikat).

Moto Z menggunakan Snapdragon 820, RAM 4GB, layar QUAD HD AMOLED 5,5 inci, dan kamera utama 13 MP. Sementara Moto Z Play mengusung Snapdragon 625, RAM 3GB, layar Super AMOLED 5,5 inci, dan kamera utama 16 MP.

Sementara Moto Z Force ditopang Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820, RAM 4GB, layar AMOLED 5,5 inci, dan kamera 21MP.

Yang menarik, Lenovo menyertakan smartphone ini dengan aksesoris yang bisa dibongkar-pasang yaitu Moto Mods. Moto Mods terdiri dari empat tipe, salah satunya adalah Hasselblad True Zoom.

Modul itu "menyulap" Moto Z menjadi kamera dengan fitur-fitur yang tidak ada di kamera ponsel biasa sekali pun.HasselbladTrue Zoom menawarkan sensor 13MP dengan 10xoptical zoom (f/3.5-6.5 aperture). Kemudian untuk kondisi low light, disertakan Xenon Flash.

Keunggulan lainnya adalah fitur backup otomatis untuk setiap jepretan yang dihasilkan langsung ke layanan Hasselblad. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ruang penyimpanan di smartphone kamu akan penuh.

Dilihat dari segi desain, Hasselblad True Zoom dirancang dengan desain khas Hasselblad yang ergonomis, sehingga nyaman digenggam meski oleh satu tangan.

Tak ketinggalan, tombol shutter tambahan juga sudah tersedia di perangkat seharga 299 Euro atau sekitar Rp 4,4 juta ini, sehingga kamu tak perlu menekan shutter di layar Moto Z.

Fairphone 2

3. Fairphone 2

Meskipun namanya tak sepopuler vendor-vendor teknologi di atas, smartphone ini sudah memulai debutnya lebih dulu pada 2013. Smartphone modular keluaran terbarunya adalah Fairphone 2.
Smartphone ini dilengkapi kamera belakang 8MP dan kamera depan 2MP. Dalam situs resminya, perusahaan menawarkan modul kamera dengan sensor OmniVision 8MP dan fitur manual exposure option.

Modul kamera tersebut dibanderol seharga 34 Euro atau sekitar Rp 500 ribuan. Fairphone mengklaim, ke depannya mereka akan menawarkan modul yang lebih canggih sehingga pengguna dapat meng-upgrade ponsel mereka untuk bersaing dengan smartphone terbaru, misalnya seperti case dengan panel surya terintegrasi untuk pengisian daya baterai ramah lingkungan.
Fairphone 2 dilengkapi layar 5 inci beresolusi 1080 piksel dengan kerapatan 446 pixels per inch. Smartphone ini ditopang prosesor quad-core Snapdragon 801 dengan kecepatan 2.26GHz, RAM 2GB, dan memori internal 32GB.
  • Post a new comment

    Error

    Anonymous comments are disabled in this journal

    default userpic

    Your IP address will be recorded 

  • 0 comments